Senin, 25 Mei 2009

Linux di flashdisk

Kali ini aku mau share gimana cara nya bikin linux bisa dijalanin pake usb flash drive ato yang biasa kawan2 sebut flash disk itu.. ide wat nulis ini berawal pas aku nemuin backtrack 4, tapi masih yang versi beta.. karena penasaran ama ini distro aku coba cari yang backtrak3 final, eh.. gak sengaja tuh nemu yang usb version.

jadi apa bedanya ama yang live cd ato live dvd? hum.. ya medianya aja.. bedanya ini di flash disk yang menurutku ini lebih stabil dijalankan dari pada paek media optic, kasin cd atq dvd rom kalian.. hehe… klao kau bandingin ama live de, live usb bootingnya juga lebih cepet..

Penasaran pasti.. emang bisa to linux masuk ke flah disk? bisa banget.. banyak aplikasi yang di jalankan, salah satunya UnetBootin, gini caranya, pertama siapkan beberapa hal di bawah ini:

  • niat buat belajar
  • aliran listrik, kecuali lo pake ups, ahhaha…
  • satu set komputer lengkap, ada pC, monitor, mouse, keyboard, yang penting ada colokan usb nya.. hahaha
  • usb flash drive, minimal 1gb
  • iso linux apa aja.. (simpan di hardisk kamu)
  • applikasi unetBootin, letakkan di desktop biar mudah
  • kopi hangat dimalam hari ato es jus yang seger kalo di siang hari
  • djarum super.. sebatang aje cukup..
  • yang terakhir.. berharap aja selama proses isntall flash diosk kamu gak copot…. wkwkwkwkwk

langkah selanjunya….

jalankan Unetbootin cukup dengan mengklik 2 kali file software tersebut. Kita tidak perlu menginstall software tersebut di PC krn dpt langsung di eksekusi tanpa instalasi. Tampilan software tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

unetbootin

Pada gambar diatas terdapat pilihan Distribution dan Versi Distro Linux yang akan digunakan misalnya backtrack versi 3. Kemudian memilih tipe instalasi, krn disini kita menggunakan file .ISO maka yang di pilih adalah disk image dan masukkan lokasi penyimpanan file .ISO yg telah disiapkan. Jangan lupa salah memilih type hardware yg akan digunakan untuk instalasi, dalam hal ini tentu saja USB drive. Contohnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

unetbooting2

Setelah semua langkah diatas dilakukan, klik OK untuk memulai instalasi. Tunggu beberapa saat sampai proses pengkopian filenya selesai dan live USB anda telah siap digunakan. Jangan lupa atur dulu biosnya agar booting lewat USB… Klo gak di rubah BIOS setting nya tar bisa2, linux mu gak bisa booting.. hehe.. vital banget yang ini.. capek2 nginstall tapi lupa belom di set BIOS nya.. good luck aja ya..


sumber:http://glaivesofwisdom.blog.uns.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar